Minggu, 16 Agustus 2015

Komposit Sebagai Tren Teknologi Masa Depan

Topik kali ini tentang dunia teknologi, yang pasti pembahasan ini adalah favorit bagi para arsite bangunan. Pemanfaatan material komposit di dunia arsitektur memang sangat banyak membantu dan dapat meningkatkan kualitas suatu bangunan meski dengan waktu yang lebih singkat.

Apa itu komposit?

Komposit adalah perpaduan dari bahan yang dipilih berdasarkan kombinasi sifat\fisik masing-masing material penyusun untuk menghasilkan material baru dengan sifat yang unik dibandingkan sifat material dasar sebelum dicampur dan terjadi ikatan permukaan antara masing-masing material penyusun.

Pengertian bahan komposit menurut wikipedia berbahasa Indonesia : Material komposit adalah material yang terbuat dari dua bahan atau lebih yang tetap terpisah dan berbeda dalam level makroskopik selagi membentuk komponen tunggal.

Apa kelebihan material komposit?

Kelebihan atau keunggulan dari bahan komposit diantaranya yaitu berat yang lebih ringan, kekuatan dan kekuatan yang lebih tinggi, tahan korosi dan memiliki biaya perakitan yang lebih murah karena berkurangnya jumlah komponen dan baut-baut penyambung.

Contoh pemanfaatan material komposit di bidang arsitektur?

Diantaranya material komposit dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai macam jenis panel misalnya pembuatan panel berupa cladding, panel GRC berupa plafon rumah, dsb.

Nah, material komposit ini sebenarnya bisa dimanfaatkan di banyak bidang tak hanya arsitektur saja, itulah kenapa komposit sering disebut sebagai tren teknologi masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar